Penyambutan Siswa Di depan Gerbang Sekolah Bukanlah Basa basi

Dok. HumIn - Penyambutan Siswa


PENYAMBUTAN SISWA DI DEPAN GERBANG SEKOLAH BUKANLAH BASA BASI


InnNews-Senin, 27/08/18 Assalamualaikum, Apa kabar nak? “Sapaan ini sangat khas di telinga para siswa SD Inovatif. Ya, memang sapaan itu khusus untuk penyambutan siswa di pintu gerbang sekolah di pagi hari. Kegiatan ini sudah lama di praktikkan di Sekolah Inovatif SD Muhammadiyah 1 Trenggalek. 

Penyambutan ini bukanlah basa basi, tapi disitulah ada komunikasi dan sentuhan. Tiap guru harus memperhatikan satu persatu siswa yang datang, mulai dari rambut panjang, cara berpakaian, kaos kaki bahkan menanyakan sudah sarapan apa belum.

Salam sapa ini menciptakan sekolah yang santun dan ramah.Pembiasaan karakter semacam ini harapannya agar bisa mereka bawa ketika berada dimana saja setiap kali ketemu dengan orang lebih tua maupun lebih muda. disamping itu, bersalaman di pagi hari antara guru dan siswa akan membangun keakraban, sehingga belajar di sekolah terasa nyaman dan aman” tutur Kepala Sekolah Drs. H. Imam Supandi, M.Pd.I


Mungkin di beberapa sekolah lain ada yang meniru kegiatan seperti ini, tapi tidak paham maknanya. Guru yang berbaris dan berjajar rapi itu kadang asyik ngobrol atau main HP, dan ketika ada murid yang datang, guru hanya menyodorkan tangannya untuk bersalaman. Bisa saja murid pun langsung NYELONONG bahkan lari begitu saja. Terkadang sengaja menghindar dan langsung masuk kelas. (Fahrurrosi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS