Tingkah Alumni Inovatif di Mimbar

HumIn. 3/1/2019-Hafidz saat menyampaikan kultum. Klik link dibawah untuk melihat vidio

Kaos oblong bukan menjadi masalah untuk tampil di depan. Celana jins juga tak menghalangi alumni ini untuk naik mimbar. Waktu dan kesempatan lah yang menjadi penentu.


InNews. Hafidz-begitu panggilan akrabnya-adalah salah satu alumni pertama SD Muhammadiyah 1 Trenggalek. Ia dikenal sebagai anak yang rajin dan pintar selama duduk di bangku sekolah. Banyak teman suka padanya karena kepandaian dan keramahannya dalam bergaul. Banyak sekali prestasi yang ia raih baik dalam akademis maupun non akademis-salah satunya adalah Tapak Suci.

Anak yang pernah ikut ajang bela diri (Tapak Suci) tingkat Nasional ini memilih untuk melanjutkan sekolah ke MBS Ponorogo. Ia memilih MBS Ponorogo karena ingin melanjutkan bela diri Tapak Suci disana.

Hari ini, Kamis 26 Rabiul Awwal 1440 H ia berkunjung ke sekolah bersama dengan beberapa alumni yang lain. Ia bersama 4 teman alumni yang tidak seangkatan dengannya. Meskipun demikian, keakraban tetap terjalin meski mereka jarang sekali bertemu, atau bahkan baru kali ini bertemu sejak mereka lulus. Memang begitulah sosok Hafidz sejak ia duduk di bangku SD sampai sekarang. Tidak banyak perubahan yang terjadi selain kebongsoran postur tubuhnya.

Saat shalat dzuhur, mereka ikut bersama adik-adiknya yang masih kelas 4, 5, dan 6 untuk melakukan shalat berjamaah. Kelima alumni ini duduk dalam 1 shof sholat di shof nomor 2 dari belakang. Usai shalat, Ustadz Fahrurrosi langsung bertindak sebagai MC dan mempersilahkan Hafidz untuk memberikan kultum. "Untuk kultum siang ini akan disampaikan oleh Alumni pertama Inovatif. Kepada ananda Hafidz dipersilahkan".

Dengan sedikit malu Hafidz-pun berdiri dan langsung menuju mimbar. Muqoddimah disampaikan dengan baik dan sangat lancar. Kemudian mulai beranjak pada isi pesan yang cukup mencengangkan. Dengan lancar dan fasih ia membacakan sepenggal ayat al-Qur'an yang kemudian ia kupas isinya. Ia mengutip surat al-Mujadalah ayat 11 yang berbunyi:

يَرۡفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ دَرَجَـٰتٍ۬‌ۚ والله بما تعملون خبير

Ditulis oleh Jun Ikhsan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS