Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

HumIn. Praktik membuat rangkain seri dan paralel
 
InNews. Listrik merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Ibarat kata, kita tidak bisa hidup tanpa listrik.

Rangkaian Listrik adalah suatu hubungan sumber listrik dengan alat-alat listrik lainnya yang mempunyai fungsi tertentu. Berdasarkan susunan hubungan alat-alat listrik, maka rangkaian listrik tersusun dengan tiga cara, yaitu: rangkaian seri, rangkaian paralel, dan rangkaian campuran. 

Penggunaan rangkaian listrik adalah salah satu materi yang diajarkan dalam dunia pendidikan, termasuk di Sekolah Inovatif SD Muhammadiyah 1 Trenggalek. Guru, Materi, Metode, Alat Peraga, dan Evaluasi merupakan komponen yang tidak bisa dipisahkan untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan proses pembelajaran.


Gambar rangkain lampu seri dan paralel

Yang dimaksud rangkaian seri adalah rangkaian listrik yang dipasang secara berjajar/berturut-turut. Rangkaian disusun secara paralel yaitu rangkaian listrik yang dipasang secara berderet atau bercabang. Rangkaian seri dan paralel memiliki banyak kelebihan dan kekurangan, masing-masing tergantung pada komponen apa yang dihubungkan dengan koneksi jenis seri atau paralel. Contohnya pemasangan lampu rumah yang menggunakan rangkaian paralel. Apabila salah satu lampu rumah dipadamkan, maka lampu lainnya tidak akan padam (tetap menyala). Tetapi untuk rangkaian secara seri, jika salah satu lampu dipadamkan maka lampu lainnya juga akan padam.

Berikut tabel Perbedaan Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel.
 
 
Vidio kegiatan "Praktik membuat rangkaian seri dan paralel".
https://youtu.be/vFuRj1bUx9g

Penulis: Ana Yuliastutik
Editor: Jun Ikhsan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

ES LILIN TANPA KULKAS