Jamda V Berakhir Bahagia

HumIn. Qobilah Armusaga dalam Jamda V Kepanduan Hizbul Wathan di Bumper Lapangan Desa Suruh-Trenggalek
                                                

Dari Kiri: Kwarwil HW, Ketua PDM Trenggalek, Polres dan Kodim Trenggalek

InNews-30/10/2019. Gerakan kepanduan Hizbul Wathan merupakan salah satu ortom Muhammadiyah yang penting. Hizbul Wathan adalah wadah untuk mendidik generasi muda menjadi generasi muda yang disiplin, jujur, berani mandiri, terampil dan berjiwa perwira sebagaimana ditanamkan dalam kesadaran setiap anggota Hizbul Wathan melalui perjanjian Hizbul Wathan dan Undang-Undang Hizbul Wathan. Struktur organisasi Hizbul Wathan meliputi kwartir pusat (nasional), kwartir wilayah (propinsi), kwartir daerah (kabupaten/kota), dan kwartir cabang (kecamatan). Setiap struktur memiliki tugas dan wewenang masing-masing. Struktur yang ada bisa mengagendakan kegiatan sesuai program kerja yang sudah ditetapkan.


Salah satu kuntum dari Armusaga saat Tadabbur Alam
Kwartir daerah Trenggalek  pun memiliki agenda-agenda rutin tahunan maupun beberapa tahun sekali. Salah satunya yang merupakan agenda 2 tahun sekali dan dinantikan oleh anggota-anggota Hizbul Wathan adalah Jambore Daerah atau Jamda. Jamda merupakan ajang silahturahmi dan perlombaan di bidang kepanduan Hizbul Wathan. Jamda biasa dilaksanakan di penghujung tahun. Kegiatan Jamda diikuti seluruh sekolah/madrasah Muhammadiyah baik tingkat SD/MI, SMP/MTS, bahkan SMA/MA/SMK. Dalam kegiatan Jamda banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan dan dilombakan, contohnya, Yel-yel kreasi, sandi, pionering/dragbar, tahfidz, pidato, Cerdas Cermat Islam. Tidak ketinggalan pula pawai dan tadabur alam, serta yang paling dinanti adalah malam api unggun yang bersamaan dengan diadakannya pentas seni guna memeriahkan Jambore Daerah.

Untuk tahun ini, Sekolah Inovatif SD Muhammadiyah 1 Trenggalek mengirim 2 kuntum PA dan 2 kuntum PI. Mereka mewakili qobilah Armusaga untuk mengikuti serangkaian kegiatan Jambore Daerah V di Lapangan Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek, pada tanggal 25-27 Oktober 2019. Siswa-siswi yang terpilih dilatih secara rutin oleh para pelatih guna mempertajam kemampuan siswa-siswi dalam rangka keikutsertaan di kegiatan Jamda tersebut. Setiap hari siswa-siswi yag terpilih rutin berlatih kegiatan yang diperlombakan selama 1 sampai dengan 2 jam. Siswa-siswi sangat antusias dalam mengikuti latihan Jamda, terlebih lagi yel-yel, mereka berkreasi dengan penuh semangat dalam meneriakkan yel-yel masing-masing kelompok.


Berlatih kerjasama dan kepemimpinan

Dari kegiatan latihan, siswa-siswi mampu memupuk rasa kemandirian, kerja sama, saling berbagi, tolong menolong dan saling menghargai satu sama lain. Kesuksesan suatu kegiatan tidak hanya tertumpu pada salah satu pihak saja, melainkan berbagai pihak, dan jangan lupa untuk selalu berdoa dan yakin kita pasti bisa atas ijin Allah. 


Setelah mengikuti kegiatan perkemahan selama 3 hari di Lapangan Suruh dan mengikuti seluruh kegiatan, seluruh siswa-siswi inovatif patut untuk berbahagia atas prestasi yang mereka torehkan selama Jamda berlangsung. Prestasi-prestasi tersebut meliputi Juara 3 Pentas seni, juara 3 Pawai, juara 3 tahfidz putra, juara 2 tahfidz putri, juara 3 yel-yel kreasi putri, juara 1 muhadhoroh putri, juara 3 tadabur putra, serta juara umum ke-3 tingkat athfal.

Penulis: Kartika
Editor: Jun Ikhsan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS