Jepang Hadir di Inovatif

HumIn. Sosok wanita Jepang mengajar di Inovatif

InNews. 30/10/2019. Salah satu program unggulan SD Muhammadiyah 1 Trenggalek adalah Welcome Class. Program ini diadakan setiap satu bulan sekali pada hari Jumat minggu pertama. Kegiatan ini melibatkan pihak dari luar sekolah. Terkadang kita juga mendatangkan narasumber dari tenaga non kependidikan. Untuk kegiatan kali ini kami mengundang narasumber dari wali murid sendiri, beliau berprofesi sebagai pengajar di salah satu sekolah menengah atas unggulan di kabupaten Trenggalek yang juga lulusan sarjana Bahasa Jepang. 

Jumat yang sangat dinanti siswa-siswi Inovatif khususnya kelas IV A-pun tiba.



Alhamdulillah tepat pukul 13.00 WIB, beliau yang biasa disapa dengan Sensei Sylvi sudah siap memberikan segudang ilmu yang sangat kita tunggu-tunggu. Ketika beliau datang sontak anak-anak menjerit kegirangan. Sesosok wanita jepang lengkap dengan kimono dan sandal geta yang memiliki suara yang khas 'klotak klotak' yang kerap kali dikeluarkan ketika digunakan.

Setelah mengucapkan salam dan perkenalan beliau menyampaikan materi yang akan diajarkan. Ada tiga materi yang sudah beliau siapkan yaitu belajar Bahasa Jepang, menyanyi dan origami. Siswa-siswi diajari Bahasa Jepang dan menyanyi bintang kecil versi Jepang. Awalnya dituliskan kata-kata disertai arti kemudian cara menyanyi dengan gerakan. Murid-murid menyimak dengan penuh antusias.

Saat diberikan kesempatan, mereka semua berebut untuk tampil.


Kegiatan selanjutnya yaitu origami. Origami adalah sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan. Kali ini membuat origami kupu-kupu. Terlihat rumit memang, tetapi setelah dipraktikkan ternyata sangat mudah dan mengasikkan. Dengan origami kita bisa mengembangkan daya imajinasi, keterampilan tangan, melatih motorik halus, serta belajar untuk menghargai suatu karya. Ternyata, origami ini juga dipercaya untuk menambah kecerdasan seseorang.

Penulis: Yuli Wulandari
Editor: Jun Ikhsan

Lihat vidio berikut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS