Lestari Bahasa Daerahku, Bermartabat Bahasa Indonesiaku, Majulah Negeriku

 
HumIn. Lestari Bahasa Daerahku, Bermartabat Bahasa Indonesiaku, Majulah Negeriku

InNews. 31/10/2019 

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Banyak momentum-momentum penting yang menjadi saksi sejarah perjuangan meraih kemerdekaan. Salah satunya adalah momentum dilaksanakannya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda merupakan peristiwa penting yang mampu membakar semangat pemuda-pemudi dari seluruh Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke. Dengan dilaksanakannya Sumpah Pemuda perjuangan yang awalnya bersifat kedaerahan akhirnya mampu disatukan oleh janji kesatuan. Pemuda pun akhirnya mengambil porsi penting untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

https://youtu.be/F6lbjrwUtJA

Dengan Tema "Lestari Bahasa Daerahku, Bermartabat Bahasa Indonesiaku, Majulah Negeriku" diharapkan mampu menghargai dan melestarikan bahasa daerah untuk menonjolkan ciri khas bangsa.

Lomba Mendongeng
Sebagai bentuk kepedulian warga Inovatif dalam rangka memperingati hari bersejarah tersebut, dibuatlah sebuah kegiatan Bulan Bahasa. Sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda, dimana para pemuda dan pemudi bersatu dengan sumpah bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan berbahasa satu Bahasa Indonesia.

Lihat vidio https://www.youtube.com/watch?v=z-RCJr2U1BA

Kegiatan bulan bahasa dibuka dengan apel bersama yang diawali dengan berdoa bersama yang dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah menyampaikan kepada seluruh siswa bahwa bahasa indonesia adalah bahasa persatuan. Beliau mengatakan "Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan dan bahasa resmi Negara Kesatuan republik Indonesia".


Biogas
Usai membuka acara, Bapak Imam Supandi berkeliling ke seluruh ruangan Bazar dan perlombaan. Dalam acara Bulan bahasa kali ini, ada beberapa agenda yang disajikan, yaitu: 1. Lomba Mendongeng yang diikuti oleh perwakilan kelas 1 sampai kelas 6 tiap rombel, 2. Lomba Geguritan, 3. Lomba Tembang Dolanan, dan yang tak kalah menarik adalah, 4. Lomba pameran hasil Karya siswa.

https://www.youtube.com/watch?v=m47_i_pDYp0

Banyak hasil karya siswa yang dipamerkan dalam kegiatan tahun ini baik itu karya individu maupun karya kelompok. Hasil karya yang dipamerkan adalah lukisan, seni patung, karya 3 dimensi sesuai dengan tema dan juga karya yang bertemakan energi alternatif dimana siswa membuat sebuah miniatur pembangkit listrik, miniatur pengolahan limbah ternak dan juga miniatur pengolahan batu bara. Kesemuanya adalah murni hasil karya siswa.


Lihat Vidio https://youtu.be/vURgojIt720

Penulis: Jun Ikhsan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS