Jemput Bola, Inovatif TO Mandiri

HumIn - Try Out mandiri untuk menghadapi Ujian Nasional
InNews-15/11/2019. Dalam beberapa bulan ke depan, peserta didik kelas 6 akan melaksanakan Ujian Nasional 2019/2020. SD Muhammadiyah 1 Trenggalek, yang kerap disapa Sekolah Inovatif ini memang sekolah yang selalu berinovasi. Sekolah di pusat kota Trenggalek, yang dekat dengan Dikpora dan kantor kabupaten, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi tenaga pendidik dan kependidikan. Dalam rangka menyukseskan USBN siswa kelas 6, maka diperlukan program-program yang bertujuan agar peserta didik dapat menghadapi ujian dengan baik, sehingga dapat mencapai target akademik yang diharapkan. Salah satu program yang diusung SD inovatif adalah Try Out mandiri. Try out mandiri adalah kegiatan try out yang bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pembiasaan kepada siswa dalam mengikuti USBN. Proses try out dikemas mendekati bahkan sama proses dan materi yang diujikan dengan USBN yang sebenarnya. Dengan demikian, siswa sudah familiar dengan USBN sehingga diharapkan hasilnya maksimal.


Kegiatan Try Out mandiri ini dilaksanakan setiap bulan sekali, dan diselenggarakan selama 3 hari untuk mata pelajaran yang di-UN-kan di Tingkat Sekolah Dasar yaitu; Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Try out yang diberikan kepada siswa sangat penting artinya bagi semua pihak yang terkait dengan ujian nasional. Bermanfaat untuk siswa sendiri, guru kelas, pimpinan sekolah maupun orang tua siswa. Tujuannya untuk mempersipakan USBN dengan baik agar diperoleh hasil yang optimal.

Bagi siswa, try out bermanfaat untuk mengasah keterampilan dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi pelajaran yang diujikan. Esensi soal-soal try out dibuat berdasarkan SKL dan kisi-kisi USBN sehingga siswa dapat berlatih mengerjakan soal-soal ujian. Jika hasil TO yang diperoleh siswa tidak memuaskan maka ini akan menjadi pendorong bagi siswa untuk mengerjakan kembali soal-soal TO. Siswa lebih banyak mengerjakan soal-soal dibanding membaca dan mempelajari materi pelajaran. Dengan demikian siswa semakin siap untuk menghadapi ujian nasional yang akan datang.


Try Out Mandiri kelas 6
Manfaat try out bagi guru, hasil yang diperoleh siswa menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran berikutnya. Bagian mana saja materi pelajaran yang perlu dikaji ulang dan diberikan latihan yang lebih banyak. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengambil tindakan dalam mengadakan program belajar tambahan bagi siswa. Hasil try out menjadi pertimbangan untuk memfokuskan kegiatan belajar siswa.

Bagi kepala sekolah sekolah, try out bermanfaat untuk mengetahui peta kemampuan siswa secara keseluruhan di sekolah. Sementara itu, try out juga bermanfaat untuk dijadikan pertimbangan dalam membantu anak belajar di rumah. Jika hasil yang diperoleh anak belum memuaskan maka orang tua dapat mengambil tindakan atau strategi membimbing dan mendampingi selama anak belajar di rumah.


Mudah-mudahan dengan sistem pengawasan yang memadai, hasil try out yang diraih siswa benar-benar bisa menjadi pemicu semangat para siswa kelas 6 SD Inovatif. Sehingga akan memudahkan semua pihak untuk mengambil sikap dan langkah selanjutnya dalam mempersiapkan ujian nasional. Semoga Dengan adanya try out mandiri ini siswa siswi bisa lebih siap dan mendapat nilai yang memuaskan dalam USBN yang InshaAllah pelaksanaannya pada bulan Mei 2020 mendatang.

Penulis: Daimaini 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS