Langkah Jitu Menulis Sejak Dini
![]() |
HumIn. Kegiatan menulis siswa kelas 3 SD Inovatif |
InNews. Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan
berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa.
Menurut pendapat Saleh Abbas (2006:125),
keterampilan menulis adalah kemampuan mengungkapkan gagasan, pendapat, dan
perasaan kepada pihak lain dengan melalui bahasa tulis. Ketepatan pengungkapan
gagasan harus didukung dengan ketepatan bahasa yang digunakan, kosakata, gramatikal
dan penggunaan ejaan. Menurut Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi (1999:159)
keterampilan menulis merupakan suatu keterampilan menuangkan pikiran, gagasan,
pendapat tentang sesuatu, tanggapan terhadap suatu pernyataan keinginan, atau
pengungkapan perasaan dengan menggunakan bahasa tulis. Menurut Henry Guntur
Tarigan (2008: 3) keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa
yang produktif dan ekspresif yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak
langsung dan tidak secara tatap muka dengan pihak lain.
Berdasarkan beberapa
pendapat di atas, dapat dikemukakan bahwa keterampilan menulis adalah
keterampilan menuangkan ide, gagasan, perasaan dalam bentuk bahasa tulis
sehingga orang lain yang membaca
dapat memahami isi tulisan tersebut
dengan baik.
Keterampilan menulis sangat penting dikuasai oleh
peserta didik. Keterampilan menulis tidak bisa muncul secara alamiah tetapi perlu
adanya latihan dan pembelajaran yang terencana dari guru. Untuk itu sebagai
seorang guru, harus pandai menentukan strategi agar siswa mempunyai minat
untuk menulis, mengingat begitu pentingnya keterampilan menulis dalam kehidupan
sehari-hari. Adapun salah satu langkah jitu yang dilakukan guru dalam rangka
meningkatkan minat siswa dalam menulis di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek
khususnya kelas 3 adalah sebagai berikut:
1. Dengan menunjukkan gambar kepada siswa.
Guru menyediakan gambar dengan tema tertentu. Dari gambar tersebut siswa
diminta untuk mengamati.
2. Membuat kata dari gambar tersebut.
Dari gambar tersebut kemudian siswa diminta untuk membuat kata sebanyak-banyaknya.
3. Menyusun kata berdasarkan gambar sehingga menjadi
kalimat.
Setelah kata-kata di temukan siswa menyusun kata-kata itu menjadi sebuah
kalimat, tentunya kalimat yang berhubungan dengan gambar.
4. Menyusun kalimat berdasarkan gambar
sehingga menjadi sebuah cerita.
Setelah tersusun menjadi kalimat, siswa merangkai kalimat itu sehingga
menjadi sebuah cerita yang runtut. Kemudian siswa membacakan hasil karya
menulisnya tersebut.
Vidio Proses terjadinya Penguapan

Penulis: Bekti Asih
Komentar
Posting Komentar