Menjadi Kreatif dengan Mind Mapping

HumIn. Karya siswa dalam membuat Mind Mapping


InNews. Metode pembelajaran merupakan bagian yang terpenting untuk menunjang kegiatan pembelajaran agar dapat berlangsung dengan baik. Di abad 21, guru sebagai pendidik harus mampu menyampaikan pembelajaran dengan metode yang menarik agar siswa tidak merasa bosan ketika belajar. Selain itu, metode belajar yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa akan membantu mereka memahami materi yang disampaikan.


Banyak metode pembelajaran yang dapat diterapkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang saat ini mulai dikenal yaitu mind mapping.  Mind mapping (peta pikiran) adalah metode mencatat kreatif yang memudahkan untuk mengingat banyak informasi. Catatan yang dibuat membentuk suatu pola yang saling berkaitan. Tema utama diletakkan pada bagian tengah sedangkan subtema/rinciannya menjadi cabang-cabangnya. Agar lebih menarik, tema/subtema ditulis dengan disertai gambar berwarna yang sesuai dengan tema/subtema tersebut.


Metode mind mapping ini diterapkan pada siswa kelas 4 saat belajar materi pekerjaan yang sesuai dengan sumberdaya alam yang dihasilkan. Mereka diminta untuk membuat mind mapping secara berkelompok. Langkah-langkah dalam membuat mind mapping antara lain:
1.   Siapkan kertas putih polos dan spidol minimal 3 warna.
2.  Carilah tema atau pokok pelajaran yang akan dibuat Mind map. Siswa kelas 4 menuliskan 1 benda yang ada di sekitar lingkungan. Buatlah gambar utama dan tulislah judulnya dengan huruf  besar. Tempatkan  di bagian tengah kertas.
3. Pilih satu warna dan buatlah sebuah garis melengkung sebagai “subtema”. Buat garis cabang dengan tebal, lalu makin lama makin menipis. Mulai dari kanan atas searah jarum jam. Subtema yang ditulis siswa yaitu sumber daya alam yang dihasilkan dan pekerjaan yang sesuai dengan sumber daya alam tersebut.
4. Buatlah gambar-gambar atau simbol yang akan membantu otak mengingat dan berkonsentrasi, mereka juga akan saling terhubung di dalam otak kita sehingga otak kanan lebih bisa mengingatnya.


Melalui metode mind mapping, manfaat yang bisa diambil diantaranya adalah siswa bisa berkonsentrasi; informasi menjadi terlihat lebih jelas dan menarik untuk dibaca; keterkaitan antara satu ide dengan ide lain menjadi mudah dilihat serta belajar menjadi lebih menyenangkan dan kreatif. Metode mind mapping juga dapat melatih siswa untuk terampil menggambar dan menulis.
Presentasi hasil Mind Mapping
Setelah membuat mind mapping, kegiatan dilanjutkan dengan siswa mempresentasikan hasil mind mapping yang dibuat ke kelompok lain. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan berbicara siswa di depan siswa lainnnya. Karakter percaya diri pun terlihat saat siswa menyampaikan presentasi. Metode ini cocok diterapkan ketika mengajar siswa kelas tinggi. Bagaimana para pendidik? Anda tertarik untuk menerapkannya dalam pembelajaran?

Penulis: Ernia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS