Menjadi Kreatif dengan Mind Mapping
![]() |
HumIn. Karya siswa dalam membuat Mind Mapping |
InNews. Metode pembelajaran merupakan bagian yang terpenting
untuk menunjang kegiatan pembelajaran agar dapat berlangsung dengan baik. Di
abad 21, guru sebagai pendidik harus mampu menyampaikan pembelajaran dengan
metode yang menarik agar siswa tidak merasa bosan ketika belajar. Selain itu,
metode belajar yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa akan membantu
mereka memahami materi yang disampaikan.
Banyak metode pembelajaran yang dapat diterapkan
guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang
saat ini mulai dikenal yaitu mind mapping.
Mind mapping (peta pikiran) adalah metode mencatat kreatif yang
memudahkan untuk mengingat banyak informasi. Catatan yang dibuat membentuk suatu
pola yang saling berkaitan. Tema utama diletakkan pada bagian tengah sedangkan
subtema/rinciannya menjadi cabang-cabangnya. Agar lebih menarik, tema/subtema
ditulis dengan disertai gambar berwarna yang sesuai dengan tema/subtema
tersebut.
Metode mind mapping ini diterapkan
pada siswa kelas 4 saat belajar materi
pekerjaan yang sesuai dengan sumberdaya alam yang dihasilkan. Mereka
diminta untuk membuat mind mapping secara berkelompok. Langkah-langkah dalam
membuat mind mapping antara lain:
1. Siapkan kertas putih polos dan spidol minimal 3
warna.
2. Carilah tema atau pokok pelajaran yang akan dibuat Mind
map. Siswa kelas 4 menuliskan 1 benda yang ada di sekitar lingkungan. Buatlah
gambar utama dan tulislah judulnya dengan huruf besar. Tempatkan di bagian tengah kertas.
3. Pilih satu warna dan buatlah sebuah garis melengkung sebagai “subtema”. Buat garis cabang dengan tebal, lalu makin lama makin menipis. Mulai dari kanan
atas searah jarum jam. Subtema yang ditulis siswa yaitu sumber daya alam yang
dihasilkan dan pekerjaan yang sesuai dengan sumber daya alam tersebut.
4. Buatlah gambar-gambar atau simbol yang akan membantu otak mengingat
dan berkonsentrasi, mereka juga akan saling terhubung di dalam otak kita
sehingga otak kanan lebih bisa mengingatnya.
Melalui metode mind mapping,
manfaat yang bisa diambil diantaranya adalah siswa bisa berkonsentrasi; informasi menjadi terlihat
lebih jelas dan menarik untuk dibaca; keterkaitan antara satu ide dengan ide
lain menjadi mudah dilihat serta belajar menjadi lebih
menyenangkan dan kreatif. Metode mind mapping juga dapat melatih siswa untuk
terampil menggambar dan menulis.
![]() |
Presentasi hasil Mind Mapping |
Setelah membuat mind mapping, kegiatan dilanjutkan
dengan siswa mempresentasikan hasil mind mapping yang dibuat ke kelompok lain.
Kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan berbicara siswa di depan
siswa lainnnya. Karakter percaya diri pun terlihat saat siswa menyampaikan
presentasi. Metode ini cocok diterapkan ketika mengajar siswa kelas tinggi.
Bagaimana para pendidik? Anda tertarik untuk menerapkannya dalam pembelajaran?
Komentar
Posting Komentar