Suasana "Inggris" di Pagi Inovatif

HumIn - Conversation untuk melatih pronunciation siswa siswi Inovatif


InNews. Di era globalisasi ini, mampu berkomunikasi secara universal merupakan suatu kebutuhan setiap orang, lembaga, maupun pemerintah. Di setiap aspek kehidupan, dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik. Komunikasi yang baik mempermudah kita untuk memenuhi kebutuhan bahkan dalam mencari pekerjaan. Komunikasi yang baik tergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu sama lain. Hal utama dalam komunikasi adalah bahasa yang digunakan. Kita sudah mulai memasuki pasar bebas ASEAN baik dalam aspek pendidikan, kesehatan, bisnis, maupun perdagangan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka perlu adanya kemampuan komunikasi yang baik agar kita tidak tertinggal dari negara lain.

Melihat hal itu, Sekolah Inovatif SD Muhammadiyah 1 Trenggalek menciptakan suatu kebiasaan yang menunjang siswa untuk berkomunikasi secara universal yaitu English Morning. English Morning merupakan suatu kegiatan rutin yang dilaksanakan 2 kali dalam satu minggu.


English Morning adalah kegiatan membaca, berbicara, mendengar, dan menulis percakapan dalam bahasa inggris. Sekolah Inovatif pun mencetak buku khusus guna menunjang kegiatan tersebut dan memudahkan siswa untuk belajar. Sesuai dengan namanya, English Morning dilaksanakan pagi hari sebelum pembelajaran dimulai. Tujuannya agar siswa terbiasa mengenal dan belajar percakapan dengan berbahasa inggris. Sebagaimana yang kita tahu, bahasa inggris adalah bahasa universal yang mau tidak mau harus kita pelajari dalam melakukan komunikasi universal.

Kemampuan berbahasa inggris merupakan bekal yang kuat guna ikut serta dalam persaingan ketat era globalisasi ini. Suatu kegiatan atau kemampuan akan tercipta dengan bagus jika adanya suatu kebiasaan dan kemauan dalam melaksanakan hal tersebut.

Maka sejak dini, marilah kita biasakan hal-hal yang mampu membentuk karakter siswa, menunjang kemampuan dan bakat siswa serta menjadikan siswa seorang yang ber”IMTAQ” dan ber”IPTEK”.



Penulis: Evi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS