Mereka Jadi Tahu

HumIn. Mengenal rangkaian seri dan parallel
InNews - Tidak asing di telinga guru mapun siswa tentang rangkaian listrik, baik itu rangkaian seri maupun parallel. Namun belum tentu siswa tahu cara merangkainya, agar menjadi rangkaian lampu yang bisa menyala. Ketidaktahuan ini mengakibatkan siswa pun tidak dapat mengerjakan dengan benar, jika ada soal latihan USBN tentang rangkaian listrik. Contoh soal berikut.
 
Soal tersebut gampang, namun banyak siswa yang tidak bisa mengerjakannya. Begitu juga dengan siswa kelas VIA Sekolah Inovatif SD Muhammadiyah 1 Trenggalek, siswa masih merasa bingung tentang rangkaian listrik. Namun, kebingungan mereka terjawab sudah. Hari jumat tanggal 29 Novenber 2019, siswa kelas VIA melakukan percobaan rangkaian listrik seri dan parallel. Percobaan ini diawali dengan setiap kelompok menyiapkan bahan-bahannya, seperti kabel, baterai, lampu, sakelar, triplek, lem tembak, selotif, dan gunting.
Setelah bahan terkumpul semua, waktunya percobaan dimulai. Ustadzah menjelaskan aturan-aturan dalam percobaan terlebih dahulu, agar percobaan dapat berjalan lancar dan tidak membahayakan. Percobaan pun dimulai, ustadzah diborong pertanyaan-pertanyaan dari siswa. 
“Ustdzah bagaimana cara mengaitkan kabel pada baterai dan lampu?”
”Di mana letak kutup positif dan negatif pada baterai, lampu, dan sakelar?”
”Kenapa lampu kelompok saya tidak menyala?”
”Bagaimana cara merangkai beberapa kabel menjadi satu?” 
 

WOW siswa sangat antusias untuk bertanya dan bekerja keras serta semangat agar rangkaiannya dapat berhasil.


Vidio Karya Literasi





Semua pertanyaan mereka ustdzah jelaskan satu persatu. Mereka mengangguk-angguk tanda telah paham. Hal yang mereka belum tahu, sekarang mereka jadi tahu. Dengan kerja keras dan semangat percobaan semua kelompok telah berhasil.
Horeee.... berhasil

Lihat vidio Man Ana
Doa Kebaikan Orang Tua

Penulis: Fatma

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS