Sangat Bahaya Jika Tak Pintar Memberikan Batasan

Gambar diambil dari http://ibudanmama.com/pola-asuh/olahraga-murah-meriah-bersama-keluarga/

Bermain menjadi bagian yang paling mendasar anak-anak karena membuat mereka bahagia, riang, dan gembira. Bukan hanya itu saja, bermain juga bisa membuat anak-anak lebih sehat.
Namun tak dapat dipungkiri, kehadiran teknologi berbanding lurus dengan perkembangan anak zaman sekarang. Alhasil, anak-anak cenderung menyukai main gim lewat gawai atau sekadar duduk memperhatikan tayangan televisi.

Jika tak pintar-pintar memberikan batasan, justru berdampak negatif untuk tumbuh kembang mereka. Tapi, orangtua terutama para ibu enggak perlu khawatir lagi deh dengan kebiasaan bermain pada anak.

Jadi apa yang bisa dilakukan? Tentunya menanamkan kecintaan anak pada olahraga dan menjadikan aktivitas fisik itu sebagai gaya hidupnya dengan cara mengajaknya olahraga bersama.
Jangan berpikir bahwa olahraga akan membuat keluarga cepat capek dan bosan. Anda bisa memilih jenis olahraga yang menyenangkan dan membuat anak-anak antusias melakukannya. Banyak kok jenis olahraga seru yang bisa dilakukan bersama keluarga Anda.
Dengan melakukan olahraga memiliki banyak kelebihan dibanding kegiatan lainnya. Tak hanya membuat sehat, banyak sekali manfaat berolahraga bersama anak yang bisa kita rasakan, lho. Olahraga bersama anak tidak sulit kok. Olahraga bersama anak bisa dilakukan di manapun asalkan memiliki ruang yang cukup untuk melakukan pergerakan. Walaupun gerakan yang dilakukan terbilang sederhana, namun terdapat begitu banyak manfaat bila anak dibiasakan olahraga. Lalu, apa saja ya manfaat olahraga bersama anak? Yuk, kita lihat.
1. Meningkatkan kecerdasan anak
Menurut para peneliti di Michigan State University’s Institute, anak yang gemar dan mempunyai kebiasaan berolahraga terbukti lebih cerdas dibandingkan dengan anak yang tidak. Mereka juga mengungkapkan jika olahraga bisa membantu mengajarkan anak untuk lebih berkonsentrasi pada tugas, dan mengatur waktu secara lebih efektif.


2. Mengurangi stres pada orang tua
Olahraga juga bisa menjadi sarana efektif untuk menghilangkan stres pada orang tua. Selain untuk menjalin kedekatan dengan si kecil, olahraga bersama anak juga bisa menghilangkan stres. Terapkan juga olahraga sambil bermain untuk menciptakan suasana yang lebih gembira. Olahraga sambil bermain ini biasanya dilakukan dengan gerakan-gerakan yang memang menstimulasi otot di setiap bagian tubuh anak. Bermain sambil olahraga juga bermanfaat untuk anak, karena mereka menjadi lebih banyak bergerak.
3. Membangun kepercayaan dan quality time
Menurut WHO, anak-anak sebaiknya harus bergerak selama 60 menit sehari. Tidak harus langsung bergerak selama 60 menit, tetapi bisa diakumulasikan dengan dibagi menjadi beberapa bagian seperti menonton TV, merapikan mainan, lalu dilanjutkan dengan berolahraga. Apalagi anak sekarang lebih banyak duduk untuk bermain gadget. Jadi kegiatan berolahraga sangat diperlukan untuk anak. Melalui kegiatan ini, Smart Parents dan anak juga bisa mendapatkan quality time, serta membangun kepercayaan dan pondasi yang kuat agar tubuh tetap sehat.
4. Menjadi lebih sportif

Kalah dan menang merupakan hal biasa dalam sebuah permainan. Saat berolahraga, anak akan belajar untuk lebih bisa menghargai kalah dan menang dengan sportif. Masih ingat 'kan baru – baru ini ada peselancar dari negara Filipina menolong peselancar dari Indonesia yang tenggelam pada perlombaan cabang olahraga selancar Sea Games 2019 lalu? Nah, saat berolahraga anak akan belajar sikap sportif kepada lawan tanpa peduli hasil pertandingannya. Ketika ia dewasa, sikap ini akan membuat mereka lebih bisa menghargai teman dan terus berusaha melakukan yang terbaik tanpa harus 'menyikut' orang lain.
5. Olahraga sambil belajar
Sambil berolahraga, baik itu berjalan kaki atau bersepeda, kita juga bisa mengajarkan konsep arah mata angin, terbit dan terbenamnya matahari, prinsip bayangan, dan konsep dasar lainnya dari kehidupan sehari-hari. Jika anak Anda masih kecil, Anda juga bisa mengajarkan matematika sederhana dengan membuatnya berhitung langkah atau gerakannya sendiri, hingga menghitung jumlah pohon. Aktivitas berolahraga menjadi lebih menyenangkan bukan?
6. Membangun kepercayaan diri
Olahraga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri pada anak, lho. Olahraga memberikan anak kesempatan untuk belajar, berprestasi, serta berpikir positif tentang diri sendiri melalui pengembangan keterampilan. Aktivitas fisik ini akan menumbuhkan citra diri yang sehat serta penilaian positif pada diri sendiri.
7. Membuat anak lebih bahagia
Kenalkanlah bahwa olahraga merupakan suatu permainan yang menyenangkan dan akan banyak keseruan yang bisa didapatkan dari kegiatan itu. Sebagai langkah awal, kita dapat memperkenalkan olahraga pada anak dengan mengajak mereka berlari, melempar, berenang, melompat, dan sebagainya. Jika ia sudah mengetahui mana olahraga yang paling disukai, maka akan semakin banyak kebahagiaan yang akan didapatkan.


Dengan melihat banyaknya manfaat dari berolahraga bersama tersebut, mengapa tidak segera melakukannya? Berolahraga bersama keluarga saat akhir pekan pun akan lebih seru dibandingkan olahraga sendirian. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menjadwalkan olahraga rutin bersama keluarga, minimal setiap akhir pekan.

Editor: Allan


Vidio Man Ana by Nabila

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS