Mendidik Anak di Era 4.0

HumIn. Penyerahan kenang-kenangan kepada wali siswa

InNews. Tidak mudah menanggulangi pusaran di era 4.0 ini, banyak dari orangtua yang kesusahan mendidik anaknya. SD Inovatif  berkesempatan untuk mengadakan Parenting pada hari sabtu lalu, yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para orangtua/wali murid kelas 6 khususnya.

Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, sabtu tanggal 18 Januari 2020, Parenting dilaksanakan. Kurang lebih 200 peserta (Wali murid kelas 6) hadir sebagai peserta parenting. Sebelum acara Parenting dimulai, ada beberapa penampilan dari siswa siswi untuk mengisi pra acara. Naura, Nesia, Sharoon dan beberapa siswa lain membuka tampilan dengan memukau.

Usai berbagai tampilan siswa, acara dimulai dengan beberapa sambutan. Sambutan Ketua PDM trenggalek, sambutan Kepala Sekolah dan sambutan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang sekaligus membuka acara. 
Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari BRI Cabang Trenggalek yang juga ikut mendukung dan mensupport kegiatan Parenting

Bapak Arif Santoso, ST, C.NLC sebagai pembicara menyampaikan  banyak hal, salah satu yang sangat mempengaruhi banyak orangtua adalah bagaimana bapak Arif menceritakan tentang putra beliau yang berperilaku jujur dalam menghadapai ujian nasional, dan bapak Arif memberikan kesimpulan-mengapa putra beliau bisa melakukan itu-karena perilaku tersebut muncul karena dilakukan setiap saat atau biasa kita sebut sebagai Karakter.

Era 4.0 ini sangat cepat sekali bahkan dengan kita duduk saja kita dapat mendapatkan makanan dengan cara memesan melalui aplikasi di android.  Ini yang membuat kekhawatiran kita sebagai orang tua di zaman yang serba online, menjadikan anak kita semakin sedikit sekali beraktifitas dan  ini berdampak kepada kehidupan mereka di zamannya. Anak-anak seharusnya melakukan apa yang harus dikerjakan pada zamannya. Tetapi kekhawatiran tersebut dapat diatasi dengan cara memberikan waktu ketika mereka bermain, diawasi oleh orang tua, diberikan pengertian tentang tujuan sekolah dan tujuan hidup.

Berikut testimoni siswa terkait Parenting
Azam: “Parenting sangat menyenangkan dan memotivasi semua”
Agni Nur Sekar sari: “Parenting sangat mendidik orang tua saya untuk mendukung saya dalam belajar, sangat berkesan karena Pak Arif Santoso memberikan pengalaman yang baik bagi orang tua saya, orang tua saya mendapatkan banyak inspirasi untuk mendidik saya seperti itu”
Rizky Putri: “orang tua saya jadi lebih semangat dalam mendidik anak dan jarang untuk memarahi, perasaan Rizky senang orang tua saya lebih slow dan diberi waktu dalam bermain HP”

Demikian wawancara bersama anak didik kami tentang parenting yang dilaksanakan sabtu lalu. Banyak orang tua yang senang diadakannya acara parenting sehingga mampu mendidik anak yang sedang berada di zona 4.0 ini. (Alma)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS