Sains For Kids

HumIn. Praktik pertumbuhan kecambah


InNews. Pengetahuan memberikan wawasan dan pengalaman baru baik bagi anak-anak, orang dewasa bahkan lansia. Salah satunya adalah siswa-siswi kelas bawah Sekolah Inovatif SD Muhammadiyah 1 Trenggalek, khususnya kelas 1. Meskipun masih terbilang kelas awal dan pemula di tingkat Sekolah Dasar, namun minat dan rasa ingin tahunya terhadap pengetahuan tidak kalah dengan kelas di atasnya. Salah satu contoh kegiatannya adalah siswa-siswi kelas 1 melakukan praktikum sederhana tentang pertumbuhan kecambah. Dalam praktikum tersebut siswa-siswi mempersiapkan alat dan bahan berupa gelas aqua, kapas, kacang hijau, dan air. Setelah alat dan bahan tersedia barulah dimulai praktikum secara langsung.

Praktikum tersebut bukan hanya sekedar transfer pengetahuan dan pengalaman kepada siswa-siswi, melainkan mengajarkan untuk menghargai proses dan langkah-langkah yang dilakukan. Untuk anak usia Sekolah Dasar khususnya kelas bawah masih memiliki kemampuan dalam mengingat dan menyerap pengetahuan dengan baik.

Praktikum pertumbuhan kecambah merupakan salah satu pembelajaran secara langsung dengan menggunakan media konkrit. Pembelajaran secara langsung melalui praktikum memberikan dampak positif yang lebih baik daripada hanya sekedar teori. Dengan kegiatan tersebut siswa-siswi mendapatkan pengalaman secara nyata dan lebih mudah mengingat materi yang telah dipelajari. Siswa juga tampak senang karena dapat mengetahui bagaimana suatu proses berlangsung. (Nawang)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS