TIPS AGAR ANAK MENYUKAI SAINS


HumIn. Praktik Perubahan Wujud Benda

InNews. Seringkali anak-anak merasa terpaksa belajar Sains. Hal ini kemudian membuat mereka membenci Sains. Padahal tidak bisa dipungkiri bahwa Sains, dalam hal ini ilmu pengetahuan alam dan eksak akan, sangat berguna bagi masa depan anak. 
Tips berikut bisa membantu anda dalam membuat anak-anak menyukai Sains tanpa harus dipaksa dan tanpa biaya mahal untuk les tambahan.

1. Membangun kesenangan anak
Jika Sains sering diajarkan dengan metode membaca materi hingga beberapa halaman atau sekadar diputarkan video tentang kejadian-kejadian alam, maka kali ini coba ajak mereka untuk keluar kelas dan melakukan eksperimen disana. Kita bisa mengajarkan hal-hal ilmiah dengan lebih praktis tanpa teori yang berbelit-belit. Gunakan lingkungan sekitar sebagai media utamanya. Sains bukan hanya tentang menemukan jawaban atas misteri di alam, tapi juga proses pencarian jawaban itu sendiri. Melalui proses bermain, belajar yang menyenangkan, dan lebih seru lagi jika kita dapat meluangkan waktu untuk menjelahi misteri sains di alam, maka Sains bisa lebih mudah masuk ke otak anak.

2. Mencatat dengan metode Mind Map
Teori yang didapat dari pembelajaran Sains haruslah dicacat agar membantu anak dalam mengingatnya. Salah satu metode mencatat yang dapat merangsang ingatan anak adalah Mind Map. Tinggalkan catatan tradisional dan beralih ke Mind Map. Mind Map akan merangsang ingatan anak dengan kombinasi warna, gambar, garis, dan kata kunci di dalamnya. Untuk lebih detailnya, Anda dapat membaca buku tentang Mind Map yang ditulis oleh Tony Buzan atau Femi Olivia.

3. Komik Sains
Jarang sekali ada anak yang tidak suka membaca komik. Bahkan mereka bisa menghabiskan puluhan komik dalam 1 minggu. Nah, mengapa kita tidak memanfaatkan hoby mereka ini?Fasilitasi mereka dengan berlangganan komik yang bertema Sains. Ada banyak sekali buku-buku Sains yang kini bisa dinikmati anak-anak dalam kemasan yang unik dan menarik, ada gambar-gambar berkarakter, bahasa yang mudah dipamai dan peristiwa-peristiwa alam yang dekat dengan keseharian anak-anak, semua itu dikemas dalam bentuk Komik. Untuk yang masih penasaran, silahkan datang ke Pojok Literasi Kelas 5A Sekolah Inovatif SD Muhammadiyah 1 Trenggalek. Anda bisa menemukan koleksi komik Sains disana J

4. Melawan stigma tentang Sains
Sains seringkali dianggap sebagai pelajaran yang berat dan membosankan. Karena itu Anda harus membuang pikiran tersebut jauh-jauh dari benak anak. Caranya sangat mudah, ingatkan anak bahwa apa yang kita lakukan setiap hari mengandung Sains di dalamnya.
Misalnya, saja, saat melihat bebek dan ayam berjalan di atas lumpur, it adalah peristiwa fisika. Apel atau kentang yang dipotong akan berubah warna karena teroksidasi.
Melalui hal-hal kecil seperti itu, anak akan sadar bahwa sains dekat dengan kesehariannya. Sehingga ia pun akan lebih menyukai sains.

***

Untuk membuat anak menyukai Sains, tentunya guru dan orang tua juga harus membekali diri dengan segudang ilmu pengetahuan sederhana untuk ditransfer ke anak. 

Apalagi jika anak mulai bertanya berbagai macam hal tentang ilmu alam, guru dan orang tua juga harus siap dengan hal ini. Belilah buku-buku Sains untuk anak yang dipenuhi gambar. Biasakan mereka untuk dekat dengan buku-buku itu. Jangan hanya memfasilitasi mereka dengan mainan-mainan mahal yang kurang mengandung edukasi, apalagi memberikan gadget dan voucher-voucher game online yang justru itu semua akan membuat mereka menjauhi buku-bukunya. Sajikan mainan yang aman untuk anak melakukan praktik Sains. Dijamin, anak akan menjadi pecinta Sains yang membanggakan bagi Anda.
Semoga bermanfaat.
Salam Sains seruuuuuuuuu (Beti)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS