Jaga Hati, Jaga Pikiran, Jaga Kebersihan


 
HumIn. Pemberian Hand Sanitizer sehabis kegiatan senam pagi

InNews. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup sehat anak usia sekolah yang berada di lingkungan sekolah SD Muhammadiyah 1 Trenggalek. Selain memiliki tujuan memupuk kebiasaan hidup sehat dan mempertinggi derajat kesehatan peserta didik/siswa, UKS memiliki tujuan agar siswa SD Inovatif memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah di rumah tangga maupun di lingkungan masyarakat.
Dalam menjalankan fungsinya, UKS dibantu oleh Dokter Kecil. Dokter kecil adalah peserta didik yang dipilih guru guna ikut melaksanakan sebagian usaha pelayanan kesehatan terhadap diri sendiri, keluarga, teman murid pada khususnya dan sekolah pada umumnya. Tugas dan kewajiban Dokcil di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek yaitu;
1.      Selalu bersikap dan berperilaku sehat.
2.   Mengajak serta mendorong murid lainnya untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing.
3.     Mengusahakan tercapainya kesehatan lingkungan yang baik di sekolah dan di rumah.
4.  Membantu guru dan petugas kesehatan pada waktu mereka menyelenggarakan pelayanan kesehatan di sekolah.
5.     Berperan aktif dalam kampanye kesehatan yang diselenggarakan disekolah, misalnya :
a.    Senam pagi, operasi semut, cuci tangan memakai sabun
b.    Penimbangan dan pengukuran tinggi badan setiap 6 bulan sekali
c.    Piket UKS
d.   Pengecekan kuku dan rambut
e. Penyuluhan kesehatan dari Puskesmas
6.      Memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan di sekolah P3K.

 Marilah bapak dan ibu kita bersama menjaga dan peduli akan kesehatan anak kita, kebersihan diri anak kita dan marilah kita bersama-sama untuk membudayakan pola hidup sehat. Yakinlah Bapak dan Ibu, bahwa jika lingkungan kita sehat, anak kita sehat maka prestasinyapun akan melesat.
Semoga program UKS dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan yang  kita harapkan dapat tercapai demi kemajuan pendidikan, khususnya masalah kesehatan di lingkup sekolah dasar Muhammadiyah 1 Trenggalek.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS