Pembelajaran Menyenangkan tak Membebankan

HumIn. Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan di kelas

InNews. Sebuah pembelajaran tidak akan menghasilkan sesuatu yang maksimal jika tidak didukung oleh lingkungan, siswa, guru, orang tua, sarana dan prasarana situasi dak kondisi peserta didik, serta rencana dan kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong peningkatan pembelajaran. Salah  satu contoh pendorong suksesnya pembelajaran adalah dengan menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan, aman dan nyaman.

Kunci menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan terdapat pada guru.

Guru adalah gerbang dalam proses pembelajaran sehingga kesan terbesar dalam pembelajaran diciptakan oleh guru. Lingkungan yang menyenangkan pada saat pembelajaran akan membuat siswa lebih menikmati materi yang diberikan dan berdampak pada minat dan ketertarikan peserta didik dalam materi pelajaran. Menurut Dryden dan Voss (1999), mereka mengatakan bahwa belajar akan efektif jika suasana pembelajarannya menyenangkan. Pembelajaran yang efektif adalah proses belajar mengajar yang bukan saja terfokus kepada hasil yang dicapai peserta didik, namun bagaimana proses pembelajaran yang efektif mampu memberikan pemahaman yang baik, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu serta dapat memberikan perubahan perilaku dan mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka. Selain itu, pembelajaran yang menyenangkan akan membuat siswa merasa senang dan tidak bosan terhadap pembelajaran. Jika seorang peserta didik sudah menyukai dan senang terhadap sebuah pembelajaran tidak menutup kemungkinan akan disertai dengan peningkatan prestasi dalam materi pembelajaran tersebut. 

Pembelajaran yang menyenangkan akan memunculkan rasa ingin tau siswa dalam materi sehingga akan timbul perasaan yang menyesal jika melewatkan pembelajaran guru tersebut.

Dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, guru dituntut untuk memiliki kemampuan dan keterampilan serta referensi. Yang harus diperhatikan dalam pembelajaran yang menyenangkan adalah keikutsertaan  peserta didik secara aktif, media yang menarik, motivasi guru serta memberikan pelayanan kepada siswa dengan baik. Secara ringkas pemberian pelayanan dengan baik oleh guru seperti keramahan (guru yang murah senyum), guru tau dimana saat bergurau dan saat tegas, bijaksana, dan mampu masuk ke dalam dunia peserta didik serta dapat mengontrol kegiatan pembelajaran dengan baik. Keakraban antara guru dan peserta didik sangat menentukan keberhasilan belajar bagi peserta didik, karena  suasana pembelajaran akan lebih santai, lebih bisa mengungkapkan idenya sehingga lebih kreatif. Peserta didik tidak akan merasa sungkan bertanya jika mereka tidak mengerti, karena salah satu jalan membuat siswa cepat mengerti adalah dengan cara bertanya. Dengarkan komentar peserta didik dengan seksama dan jangan ragu memberikan pujian kepadanya.

Lihat vidio pembelajaran 

Selain guru, orang tua juga memiliki andil dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Jika anak merasa kurang percaya diri, maka anak perlu dibantu. Coba menemukan hal hal positif pada dirinya dan pujilah dia agar rasa percaya dirinya bisa datang. Komentar yang positif dapat membangkitkan percaya diri mereka. Orang yang sedang belajar memang tergantung pada faktor fisik (suasana lingkungan), faktor emosional (suasana hati) dan faktor sosiologi atau lingkungan teman, guru, orang tua dan budaya sekitar. 

Sekolah Inovatif SD Muhammadiyah 1 Trenggalek merupakan salah satu sekolah pelaksana pembelajaran yang menyenangkan dan sekolah ramah anak.

Sekolah inovatif pun terus berusaha meningkatkan kinerja dan menciptakaan lingkungan pembelajaran yang efektif (menyenangkan) agar terciptalah suatu mutu dan kualitas terbaik untuk peserta didik, orang tua, guru, sekolah dan lingkungan. (Ayu)
Pameran Literasi
KTS Inovatif

Baca Juga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS