HumIn. Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan di kelas
InNews. Sebuah pembelajaran tidak
akan menghasilkan sesuatu yang maksimal jika tidak didukung oleh lingkungan,
siswa, guru, orang tua, sarana dan prasarana situasi dak kondisi peserta didik,
serta rencana dan kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong peningkatan
pembelajaran. Salah satu contoh
pendorong suksesnya pembelajaran adalah dengan menciptakan lingkungan
pembelajaran yang menyenangkan, aman dan nyaman.
Kunci menciptakan
lingkungan pembelajaran yang menyenangkan terdapat pada guru.
Guru adalah
gerbang dalam proses pembelajaran sehingga kesan terbesar dalam pembelajaran
diciptakan oleh guru. Lingkungan yang menyenangkan pada saat pembelajaran akan
membuat siswa lebih menikmati materi yang diberikan dan berdampak pada minat
dan ketertarikan peserta didik dalam materi pelajaran. Menurut
Dryden dan Voss (1999), mereka mengatakan bahwa belajar akan efektif jika suasana
pembelajarannya menyenangkan. Pembelajaran
yang efektif adalah proses belajar mengajar yang bukan saja terfokus kepada
hasil yang dicapai peserta didik, namun bagaimana proses pembelajaran yang
efektif mampu memberikan pemahaman yang baik, kecerdasan, ketekunan, kesempatan
dan mutu serta dapat memberikan perubahan perilaku dan mengaplikasikannya dalam
kehidupan mereka. Selain itu, pembelajaran
yang menyenangkan akan membuat siswa
merasa senang dan tidak bosan terhadap pembelajaran. Jika seorang peserta didik
sudah menyukai dan senang terhadap sebuah pembelajaran tidak menutup
kemungkinan akan disertai dengan peningkatan prestasi dalam materi pembelajaran
tersebut.
Pembelajaran yang menyenangkan akan memunculkan rasa ingin tau siswa
dalam materi sehingga akan timbul perasaan yang menyesal jika melewatkan
pembelajaran guru tersebut.
Dalam menciptakan
pembelajaran yang menyenangkan, guru dituntut untuk memiliki kemampuan
dan keterampilan serta referensi. Yang harus diperhatikan dalam pembelajaran
yang menyenangkan adalah keikutsertaan
peserta didik secara aktif, media yang menarik, motivasi guru serta memberikan
pelayanan kepada siswa dengan baik. Secara ringkas pemberian pelayanan dengan
baik oleh guru seperti keramahan (guru yang murah senyum), guru tau dimana saat
bergurau dan saat tegas, bijaksana, dan mampu masuk ke dalam dunia peserta
didik serta dapat mengontrol kegiatan pembelajaran dengan baik. Keakraban
antara guru dan peserta didik sangat menentukan keberhasilan belajar bagi peserta
didik, karena suasana pembelajaran akan
lebih santai, lebih bisa mengungkapkan idenya sehingga lebih kreatif. Peserta
didik tidak akan merasa sungkan bertanya jika mereka tidak mengerti, karena
salah satu jalan membuat siswa cepat mengerti adalah dengan cara bertanya. Dengarkan komentar peserta didik dengan seksama
dan jangan ragu memberikan pujian kepadanya.
Lihat vidio pembelajaran
Selain
guru, orang tua juga memiliki andil dalam menciptakan pembelajaran yang
menyenangkan. Jika anak merasa kurang percaya diri, maka anak perlu dibantu.
Coba menemukan hal hal positif pada dirinya dan pujilah dia agar rasa percaya
dirinya bisa datang. Komentar yang positif dapat membangkitkan percaya diri
mereka. Orang yang sedang belajar memang tergantung pada faktor fisik (suasana
lingkungan), faktor emosional (suasana hati) dan faktor sosiologi atau
lingkungan teman, guru, orang tua dan budaya sekitar.
Sekolah Inovatif SD
Muhammadiyah 1 Trenggalek merupakan salah satu sekolah pelaksana pembelajaran
yang menyenangkan dan sekolah ramah anak.
Sekolah inovatif pun terus berusaha
meningkatkan kinerja dan menciptakaan lingkungan pembelajaran yang efektif (menyenangkan)
agar terciptalah suatu mutu dan kualitas terbaik untuk peserta didik, orang
tua, guru, sekolah dan lingkungan. (Ayu)
Pameran Literasi
KTS Inovatif
Baca Juga
Komentar
Posting Komentar