Wujud Filantropi, SD Inovatif Salurkan Zakat Fitrah

*Wujud Filantropi, SD Inovatif Salurkan Zakat Fitrah*
Oleh: Eka Imbia Agus Diartika

Mulai tanggal 30
April hingga 7 Mei 2021 Sekolah Inovatif SD Muhammadiyah 1 Trenggalek telah menghimpun penerimaan zakat fitrah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di sekolah dan melibatkan para ustadz dan karyawan laki-laki sebanyak 7 orang.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan", demikianlah ucap Ikhsan, kepala sekolah.

"Siswa siswi diintruksikan untuk membawa beras sebanyak 2.5 per jiwa. Melalui panitia zakat, beras zakat kemudian dikelola dan dibagikan kepada yang berhak menerima", imbuhnya (29/04/2021).

"Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, mendukung gerakan filantropi yang digaungkan oleh Muhammadiyah", Alma, ketua panitia zakat fitrah menerangkan.

Laki-laki yang merupakan guru agama kelas 1-3 itu menjelaskan, setiap tahun SD Inovatif menghimpun dan menyalurkan zakat kepada warga di sekitar sekolah.

Beras zakat juga disalurkan untuk sebagian guru dan panti asuhan Muhammadiyah di Trenggalek. "Kita berusaha berbagi dengan tetangga, saudara, guru, dan mitra SD Inovatif", tandasnya.

Tahun ini, sebanyak 400 kantong beras zakat dibagikan ke warga sekitar sekolah yang kurang mampu, para guru, panti asuhan, dan pondok Muhammadiyah.

Ada 4 lembaga yang mendapatkan beras zakat, antara lain Panti Asuhan Utsman bin Affan, Tugu Trenggalek; Muhammadiyah Boarding School (MBS) Karangan dan MBS Trenggalek; serta MBS Haji Suyoto, Watulimo, Trenggalek.

"Beras zakat selesai disalurkan pada tanggal 10 Mei 2021. Semoga SD Inovatif terus bisa memberikan manfaat bagi sesama dan terus akti dalam kegiatan sosial keagamaan", tutup Alma ketika diwawancara (11/04/2021).

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS