Membuka Tahun Ajaran Baru dengan Pembiasaan

Pembelajaran pada tahun ajaran 2021/2022 di SD Muhammadiyah 1 Trenggalek dimulai hari Senin (12/07/2021).

Hari perdana di semester 1 ini dimulai dengan melaksanakan pembiasaan rutin. Oleh karena masih PPKM, pembiasaan dilaksanakan secara daring via Zoom/Google Meet.

"Seminggu di semester baru ini, kita fokuskan pada pembiasaan anak-anak dari kelas 1 hingga kelas 6.", ucap Junianto Ikhsan Nurwahyudi, S.Hum, kepala sekolah SD Muhammadiyah 1 Trenggalek.

"Kegiatan pembiasaan dilaksanakan di pagi hari, yaitu pukul 07.00-07.30. Tujuannya, yaitu supaya siswa SD Inovatif terbiasa bangun pagi hari, sebagaimana kegiatan sekolah secara tatap muka dulu", imbuhnya.

Ikhsan menambahkan, pembiasaan meliputi berdoa, murajaah surat pendek di juz 30, belajar bacaan shalat, membaca asmaul husna, syahadatain, serta janji pelajar Muhammadiyah.

"Apalagi untuk siswa baru kelas 1, kegiatan ini baik untuk mengenakan kepada siswa sekaligus membuat mereka senang dan nyaman belajar di sekolah yang baru", tandasnya.

Di sela pembiasaan, pengajar dan siswa juga saling berkenalan, khususnya untuk kelas yang berganti wali murid.

Kegiatan ini berjalan lancar. Setiap kelas mengikuti kegiatan pembiasaan dengan baik. Harapannya, siswa tetap antusias mengikuti kegiatan ini hingga nanti. Dan pada akhirnya juga bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari mereka.

Selain pembiasaan oleh siswa, guru yang piket di sekolah juga melaksanakan pembiasaan setelahnya. Kegiatan pembiasaan di sekolah ini ditayangkan di Instagram maupun Facebook. Harapannya, bisa diakses dan diikuti oleh siswa yang belum bisa mengikuti pembiasaan via online bersama wali kelasnya masing-masing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa Kelas Lima Bisa Membuat Alat Peraga Pernapasan Manusia

Asyiknya Mencoba “Rangkaian Listrik Seri dan Paralel”

ES LILIN TANPA KULKAS